Tips Menjadi Game Developer

Tips Menjadi Game Developer


Oleh : Satriyo Aji Nugroho

Menjadi Game Developer Bukan Hanya soal bisa membuat Game, tapi seni dalam membuat game. Untuk menjadi seorang Game Developer Hebat maka kita butuh Kreativitas dan Sense Art yang tinggi. Bagi saya programming itu nomor dua. Yang saya alami dalam pembuatan game, adalah menentukan game apa yang nanti akan dibuat. Usahakan jangan mengikuti trends game sekarang karena hanya akan menjadi mainstream saja dan tidak ada nilai plus dari game anda. Berikut tips yang saya buat bagi developer Game newbie..

1. Usahakan Selalu Berimajinasi.

Pola dasar pemikiran seorang manusia adalah otak kanan, dan otak kiri cenderung untuk menganalisa. Untuk menjadi game developer hebat yang kita butuhkan adalah sebuah ide yang brilliant dan kita ubah menjadi game yang super unik untuk dijual. Kalau saya sendiri cenderung untuk membuat karakter yang cukup variatif dalam game buatan saya, dengan mengunakan imajinasi yang saya sering latih dengan melihat anime,komik.dll dan bahkan yang menjadi inspirasi dalam pembuatan karakter saya adalah kebiasaan kehidupan saya setiap hari-hari. Jadi usahakanlah untuk selalu melatih imajinasi anda dan melatih sense art anda

2. Berlatihlah Dalam Programming

Untuk Menjadi Game Developer Hebat yang kita butuhkan adalah Skill Programming tapi itu bisa diatasi dengan Game Engine yang sekarang Lebih Mudah dipakai dan Simple dalam penggunaannya. Saran saya belajarlah Bahasa pemrograman dari Dasar. Sehingga anda tahu setiap fungsi,method,dll dan anda bisa membuat game anda sendiri tentunya bersifat indie (bebas/mandiri) dan bahkan anda bisa membuat sebuah Game Engine Anda sendiri nantinya

3. Kenali Dunia Game Lebih Jauh

Game bukan Hanya soal Permainan Video yang ditampilkan dalam sebuah layar dan user memainkan game Tersebut, tetapi game adalah industry hiburan yang menjanjikan penghasilan Fantastis. Sebagai contoh ketika game Flappy bird rilis di pertengahan tahun 2014, game flappy bird telah diunduh 5jt dalam satu hari. Dan bayangkan ketika user 5jt tersebut mengunduh dengan nominal $1 dalam satu kali unduh 5jt X $1.. Fantastis bukan ?

4. Buat Game Pertama Anda

Lakukan aksi pertama anda , buat game pertama anda lalu publikasikan dalam Social media atau lingkungan sekitar anda. Untuk Menjadi Game developer terutama bagi Newbie. Anda harus melakukan aksi nyata karena Membuat Game tidak semudah Membuat sebuah Program. Saya jamin hal tersebut. Usahakan anda segera melakukannya karena semangat kreativitas itu hanya temporary dan tak berlangsung lama. Bila anda kesulitan dalam Skill Coding (pemrograman) anda bisa bertanya dalam forum Programmer, atau anda bisa bertanya kepada teman anda atau sekedar mencari tutorial di youtube. Saran saya banyaklah berlatih berfikir karena membuat game berbeda dengan membuat program.

5. Fokus dalam Bahasa Pemrograman yang anda kuasai

Untuk membuat game tidak perlu mahir dalam banyak bahasa. Cukup satu dan focus dalam bahasa tersebut. Asalkan anda banyak berlatih game seperti minecraft misalnya. Game minecraft dibuat dalam bahasa java tapi fitur yang digunakan dan fitur yang diadaptasi dalam game tersebut kebanyakan dibuat sebelumnya dalam bahasa C++. Bahasa pemrograman tidak mempengaruhi kualitas sebuah Game tetapi Skill Programming anda.

6. Bersahabatlah Dengan BUG (Error)

Terkadang Bug adalah masalah paling sulit diatasi bagi seorang Game Programmer. Bug adalah sekumpulan error (line Script yang bermasalah) yang saling berhubungan dengan code lainnya. Karena dalam programming error satu bisa error ratusan, jika script anda mencapai ratusan line. Jadi bersahabatlah dengan Bug. Karena untuk menjadi Programmer Hebat anda harus banyak melakukan Trial & Error sebanyak mungkin. Belajarlah dari pengalaman anda sebelumnya. Banyaklah melakukan aksi baru sehingga anda tahu kesalahan tersebut.

7. Perbanyak Bermain Game

Untuk menjadi game Developer Hebat maka anda harus mengetahui Enjoyment dalam Sebuah Game. Rasa Enjoy tersebut yang membuat Game menjadi laris atau menjadi hot trends dalam dunia Game. anda bisa meniru sebuah enjoyment dalam Game lain dan membuat game sendiri dengan enjoyment yang sama karena Coding adalah universal tidak ada hak paten dalam hal tersebut. selamat bekerja..

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Menjadi Game Developer ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 25 Juni 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Menjadi Game Developer
 

0 komentar:

Posting Komentar

dicari agen Bandung

maker gif